Saturday, August 27, 2005

Ayat-ayat cinta
Assalamuallaikum,wr,wb

Teruntuk sodara-sodara ku di bumi Allah. Mungkin sewaktu melihat judul artikel saya ini,teman-teman semua langsun melayangakan pikiran kepada novel Ayat-ayat cinta (ingatan saya sangat jelek sehingga saya lupa nama penulisnya afwan). Cinta dari dulu gak pernah habis untuk dibahas karena cinta memang merupakan suatu anugerah terbesar yg di berikan Allah kepada mahluknya selain Islam.

Artikel saya ini memang terinspirasi dari novel yg saya baca tersebut. didalm novel tersebut sangat kuat di tampilkan kekuatan cinta yg sebenarnya. Di dalam islam memang cinta kepada Allah lah level tertinggi dari cinta itu sendiri, namun hal itu tidak menutup kemungkinan cinta yg besar juga di berikan kepada mahluk Allah. Karena dalam firman-Nya barangsiapa yg memelihara kehidupan manusia lainya maka dia sama dengan memelihara kehidupan seluruh umat manusia. Dari firman ini terlihat bahwa Allah tidak melarang kita mencintai (memelihara) mahluk-Nya.

Dari novel tersebut terlihat begitu kuat dan indahnya cinta kepada dan yg didasari karena Allah. Dalam novel tersebut sangat banyak tertoreh makna cinta yg seharusnya di lakukan manusia. Sebenarnya banyak kisah lain yg menggambarkan cinta yg tokoh utamanya adalah umat islam. Mengapa?Karna islam memang agama yg berdasarkan cinta.

Dalam novel tersebut kita dapat melihat bagaimana Fahri (sebagai tokoh utama) menggambarkan cintanya kepada Allah dan rasul juga cintanya terhadap istri, teman, dan teman2 seprjuanganya. Di dalam novel itu kita juga dapat melihat keteguhan cinta yg dimiliki aisha (istri pertama fahri) yg merelakan suaminya menikahi maria untuk menyelamatkannya.
Namun sekarang terdapat fenomena dalam umat islam sendiri bahwa umat islam sudah banyak yg kehilangan cintanya baik kepada sesama dan kepada Allah (dengan saling mencurigai dan tidak saling menolong ataupun ingkar akan perintah Allah) dan menyalah gunakan nama cinta dengan melakukan tindakan bodoh dan hina (seprti pacaran,zina,sex bebas,dll)

Untuk masalah pacaran saya coba mengutip surat az-Zuhfra (afwan jika saya salah menuliskan nama ayatnya) ayat 67: Orang-orang yg diantara mereka yg saling kasih mengasihi tersebut pada hari (kiamat) itu sebagian dari mereka itu akan saling bermusuhan dan menyalahkan kecuali yg bertakwa. ayat ini salah satu penggalan ayat cinta yg ada dalam Al-quran yg sangat melindungi makna cinta.Bagaimana tidak mereka yg sekarang menyalahgunakan arti cinta tersebut dapat saling menyalahkan karena telah sama-sama menjerumuskan diri dalam perbuatan nista tanpa saling mengikat hati karena Allah, semoga kita bukan termasuk golongan orang-orang yg demikian.ntahlah namun saya harap dapat membaca novel tersebut agar dapat merasakan manisnya cinta yg ada dalam ajaran islam.

Dari novel tersebut saya terinspirasi membuat sebuah puisi

Ayat-ayat cinta

Seutas ayat cinta
Berdendang indah
Dengan alunan musik surga
Dari jiwa suci bidadari

Seuntai tali cinta
Terjalin indah
Mengikat erat
Jiwa tuhan dan mahluknya

Nikmat tuhan manakah yg engkau dustai?
Dengan setes embun cinta yg kau beri
DIA anugrahkan lautan cinta

Nikmat tuhan manakah yg engkau ingkari?
DIA titiskan jiwa penghuni surga dalam hati mu
Namun engkau kotori dengan senyuman para iblis

Nikmat tuhan manakah yg engkau bohongi?
Cinta penghuni surga
DIA tanamkan dalam hati orang-orang terkasihmu

Saya sebenarnya tidak tahu apa saya sudah mengamalkan ayat-ayat cinta yg ada di dalam Al-Quran namun saya berharap saya dapat mengamalkan juga sodara-sodara semua.

No comments: